A. PENGERTIAN
Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan
mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan suatu pekerjaan/tugas.Tujuan
penilaian unjuk kerja adalah untuk mengetahui apa yang siswa ketahui dan apa
yang mereka lakukan. Dengan demikian penilaian unjuk kerja tersebut harus
bermakna, autentik dan dapat mengukur penguasaan siswa. Autentik artinya
realistis atau sesuai dengan kehidupan nyata.Penilaian ini cocok digunakan
untuk menilai ketercapaian penguasaan kompetensi yang menuntut peserta didik
melakukan tugas tertentu, seperti: praktik di bengkel/laboratorium, praktik
sholat, praktik olah raga, presentasi, diskusi, bermain peran, memainkan alat
musik, bernyanyi, dan membaca puisi/deklamasi. Cara penilaian ini dianggap
lebih otentik daripada tes tertulis, karena apa yang dinilai lebih mencerminkan
kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Penilaian unjuk kerja harus
mempertimbangan hal-hal sebagai berikut:
1. Langkah-langkah kinerja Langkah-langkah kinerja yang diharapkan
dilakukan peserta didik untuk menunjukan kinerja dari suatu komponen.
2. Ketepatan
dan kelengkapan aspek yang akan dinilai
3. Kemampuan
khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
4. Upayakan
kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak sehingga semua dapat teramati
5. Kemampuan
yang akan dinlai diurutkan berdasarkan urutan yang akan diamati.
Sumber Informasi : https://www.kompasiana.com/tamansari1/58285f801e23bdb2257531ca/unjuk-kerja